Tuesday, July 3, 2012

Arung Jeram Di Sungai Brantas, bertemu Tora Sudiro & Aura Kasih


Berpose Di Tebing Pinggir Sungai


Setelah sarapan pagi itu, kami dijemput oleh pihak operator Arung Jeram, Kaliwatu Rafting. Letaknya yang berada di tengah kota, memudahkan untuk menjangkau sungai ini.  Hanya kurang lebih 10 menit kami pun sampai di base camp yang terletak di Desa Pandanrejo 4, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.
Sesampainya disana suguhan teh, kopi dan gorengan pun telah disiapkan untuk menyambut kami.

Segera setelah life jacket/pelampung dan helm terpasang ditempatnya, tak lupa kami melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum nanti turun ke sungai.
Dari base camp dengan kendaraan bak terbuka dipenuhi oleh kami dan crew bersama-sama dengan perahu karet serta dayung, meluncur ke daerah Kali Putih sebagai titik start untuk memulai pengarungan sungai.

Sungai yang akan kami arungi adalah di hulu Sungai Brantas, yang pada awal bulan April ini curah hujan nya relatif sedikit.  Sungai ini sengaja kami pilih karena setelah berdiskusi dengan pihak operator, aman untuk anak-anak.  Ini kami lakukan karena Azzam akan ikut dalam kegiatan ini.  Sebagai informasi, Grade sungai ini, adalah Grade 2.

Kegiatan alam seperti ini tentunya ada manfaatnya bagi anak.  Selain menyenangkan, kegiatan ini menumbuhkan rasa cinta pada alam dan lingkungan.  Disamping itu dapat mengasah fisik dan mental anak sekaligus mengedukasi mereka terhadap hal sekitar. 
Yang terpenting adalah bagaimana kita mengenal dan mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum melakukan kegiatan tersebut.

Sesampainya di titik start, instruktur pun memberikan informasi dan arahan demi kelancaran dan keselamatan dalam berarung jeram.  Untungnya, saya dan istri sudah cukup mengenal salah satu kegiatan alam bebas ini.
Dari titik start pagi itu, perahu karet diisi oleh 5 orang. Selain kami ber 3, ada 2 crew operator.  Ada 1 orang lagi yang menggunakan body raft, yang akan mengikuti perahu selama pengarungan sebagai pengamanan tambahan.

Instruktur pun memberikan aba-aba pertanda dimulainya pengarungan.  Pengarungan di Sungai Brantas ini kita akan menemukan pemandangan yang alami seperti tebing-tebing terjal dan beberapa air terjun kecil.
Seru ! apalagi ketika perahu memasuki atau melewati jeram.  Di jalur ini akan melewati beberapa jeram, yang dinamai : welcome, selamat pagi, teletubes, bengkong, jambu, laskar pelangi, boom, sempit, galian singset, garasi, puser, pantai, tornado, tora sudiro, one tube, aura kasih, persik dan toll hingga finish di Desa Pandanrejo.

Pada beberapa spot/tempat, dimana airnya relatif tenang perahu pun sengaja berhenti agar dapat menikmati keadaan sekitar.  Berenang maupun bermain di air terjun kecil ataupun mencoba boby rafting bisa dilakukan.
Akhirnya tak terasa, setelah mengarungi sungai sekitar 7 kilometer yang menghabisakan waktu kurang lebih 1,5 jam kami pun tiba di garis finish.
Setiba di pinggir jalan utama, yang pemandangan sekitarnya hamparan sawah yang hijau dimana kendaraan sudah menunggu. Untuk menghangatkan tubuh, suguhan gorengan dan teh pun telah siap menyambut

Kami pun kembali ke base camp untuk membersihkan diri dan melanjutkan aktifitas lainnya.
Satu lagi, sebuah petualangan yang berharga dan indah yang kami dapatkan !


Pemanasan




Pakai Helm Dulu (Standar Keselamatan)


Menuju Lokasi Start


Masuk Jeram

Full Team




Bersantai :D

Bersama Seluruh Tim Pendukung

2 comments:

Video - Exploring Sumba - Taman Nasional Matalawa #FamliyGoesToNationalPark Episode-5

Bulan Maret menjadi penjelajahan pertama #FamilyGoesToNationalPark kami di tahun 2017 sekaligus menjadi Episode yang ke 5. Pe...