Monday, September 3, 2012

Di Amerika ada Grand Canyon. Di Indonesia kita punya Green Canyon !



Selamat Datang di Green Canyon


Hari itu Jum’at, 29 Juni 2012 kami meninggalkan Kampung Naga setelah sehari sebelumnya menikmati air panas di Taman Air Sabda Alam, Garut.  Dengan menumpang angkot dari depan pintu gerbang Kampung Naga, perjalanan berlanjut dengan tujuan Pangandaran.  Disepanjang perjalanan, Azzam tak henti-hentinya bertanya hal-hal baru yang dia temukan atau yang dia lihat diperjalanan.

Setelah 3 kali berganti angkutan, akhirnya sekitar 4,5 jam sampailah kami di Pangandaran dan karena hari sudah sore, setelah sempat mampir ke pantai, langsung mencari hotel untuk menginap.
Tak sulit menemukan penginapan di Pangandaran.  Dari mulai hotel yang bertarif lumayan tinggi hingga rumah-rumah yang kamarnya disewakan untuk menginap.
Santap malam khas Pangandaran, yaitu Seafood kami habiskan di salah satu Rumah Makan yang banyak direkomendasikan, RM Karya Bahari.  Dan memang rekomendasi yang tak salah alamat.

Sabtu pagi hari yang cerah di Pangandaran! Memutuskan untuk sepagi mungkin berangkat ke Cukang Taneuh atau biasa dikenal orang dengan sebutan Green Canyon ! Mungkin dikarenakan airnya yang terlihat berwarna hijau, dari sana lah sebutan ini berawal.

Satu jam perjalanan dari terminal Pangandaran, sampailah kami di Green Canyon sekitar pukul 9, dan disana sudah terlihat antrian orang yang cukup banyak.  Mungkin selain disebabkan masih dalam masa liburan sekolah, ada sedikit pengaruh juga dikarenakan perahu yang beroperasi hari ini 70 perahu saja, dari total 84 yang biasanya beroperasi.
Setelah membeli tiket perahu seharga Rp 75,000/orang, kami pun mendapat antrian nomor.  Oh iya, peraturannya, 1 perahu maksimal ditumpangi oleh 5 orang pengunjung, diluar awak perahu yang berjumlah 2 orang.   Untuk penjualan tiket dimulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.
Dengan tiket seharga itu, tiap perahu diberikan waktu selama maksimal 45 menit (pulang-pergi), dengan estimasi sekali perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit.

Di perjalanan negoisasi dengan awak perahu berlangsung. Kami berencana untuk menikmati tempat ini lebih lama, menelurusi lebih kedalam dan juga berenang.  Untuk menunggu, ada tarif diluar biaya sewa perahu tadi. Harga pun disepakati !

Setelah menggunakan jaket penyelamat, kami bertiga pun langsung berenang dan juga menelusuri ke bagian dalam dengan ditemani oleh salah satu awak perahu sebagai ‘guide’.  Guide ini juga berfungsi sebagai fotografer, dan mereka memang sudah menyiapkan tas anti air untuk membawakan kamera para pengunjung.  Di beberapa spot Azzam anak saya, harus digendong, karena khawatir terhadap batu-batu yang cukup tajam sedangkan di air yang dalam, dia cukup di gandeng saja karena akan mengambang dengan jaket penyelamat nya.
Di dalam sana, selain berenang dan bermain air, tentunya kita menyaksikan salah satu pemandangan alam yang menakjubkan di Indonesia.

Setelah puas menikmati pemandangan yang menakjubkan di bagian dalam Green Canyon, kamipun memutuskan untuk menyudahinya. Sebenarnya masih ingin berlama-lama di tempat ini, namun ada rencana ke tempat lain sudah menanti dan juga air disana yang cukup dingin membuat kita juga tidak bisa terlalu berlama-lama berbasah-basah disana. Sebaiknya siapkan handuk dan peralatan lainnya untuk menghangatkan badan ketika tiba di perahu penjemput.

Tiba di tempat keberangkatan atau titik awal, terlihat semakin banyak pengunjung yang menunggu antrian perahu.  Pastinya mereka sudah tidak sabar lagi untuk segera sampai ke tempat yang kami baru kunjungi tadi.  Sedangkan kami bersiap untuk bermain di Pantai Pangandaran !


Sama Bunda di Kapal Motor

Salah satu sisi tebing

Rock !

Sebelum berenang lagi

Kapten Perahu Motor :D

Cek Ombak :D (foto oleh NZ Anastasia)

Pemandangan di Perjalanan


No comments:

Post a Comment

Video - Exploring Sumba - Taman Nasional Matalawa #FamliyGoesToNationalPark Episode-5

Bulan Maret menjadi penjelajahan pertama #FamilyGoesToNationalPark kami di tahun 2017 sekaligus menjadi Episode yang ke 5. Pe...