Wednesday, September 19, 2012

Turnamen Foto Perjalanan

Dipangkuan Mama



Lembah Baliem adalah rumah bagi 3 Suku besar di Wamena, Papua yaitu Dani, Lani dan Yali. 
Di Desa Obia yang didiami oleh Suku Dani, saya menyaksikan suatu upacara yang mereka lakukan secara turun temurun, yaitu Bakar Batu.  Setelah selesai upacara mata saya tertuju pada gadis kecil yang cantik ini.  Ketika saya ingin memotretnya, diapun berlari dan duduk dipangkuan mamanya.  Tampaknya dia tidak mau untuk difoto sendiri, tapi dia ingin saya untuk memotretnya dengan senyuman manis sang Mama.

Keterangan: Turnamen Foto Perjalanan-Ronde 3 yg diadakan oleh Dina-Dua Ransel 


Say it with flowers
 
(Rangkaian) bunga sudah menjadi sesuatu yang lazim untuk mengungkapkan rasa sukacita, ucapan selamat, dukacita bahkan ungkapan kasih sayang dari seseorang kepada kekasihnya.  Di beberapa kotadi Indonesia biasanya pasar bunga mempunyai lokasi tersendiri (terorganisir), yang menawarkan bunga lokal maupun impor. 

Pasar Jibama di Wamena merupakan pasar tradisional terbesar di kawasan Lembah Baliem.  Pasar ini seperti menjajakan kebutuhan sehari-hari, seperti hipere (ubi), pinang, sayuran, ikan, kayu bakar, hasil kerajinan tangan hingga babi.  Namun uniknya selain beberapa dagangan tadi, di pasar tradisional di kota yang terletak di ketinggian 1600 mdpl ini, ternyata dijajakan juga hand bouquet flower.  Bunga-bunga khas wamena yang rangkum dan dibungkus kertas tersebut dapat bertahan hingga bertahun-tahun.  Bunga yang berwana-warni tersebut bukan dari jenis Edelweiss yang biasanya hidup gunung-gunung.  Orang sana menyebutnya dengan ‘Bunga Kertas’.


Jadi kalo kamu sempat berkunjung ke Wamena dengan pasangan atau gebetan, langsung aja beli bunga kertas tersebut dan berikan (dengan cinta) padanya...


Turnamen Foto Perjalanan Ronde 9 : Anak-Anak


"Now I see Now I see the secret of making the best person: it is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth" (Walt Whitman)

Azzam (2,5 years) at Suryakencana, Mt. Gede
Dead Forest


No comments:

Post a Comment

Video - Exploring Sumba - Taman Nasional Matalawa #FamliyGoesToNationalPark Episode-5

Bulan Maret menjadi penjelajahan pertama #FamilyGoesToNationalPark kami di tahun 2017 sekaligus menjadi Episode yang ke 5. Pe...