Saturday, October 13, 2012

Dari Fosil hingga Hewan Hidup di Jatim Park 2




Museum Satwa


Setelah berdirinya Jatim Park 1 pada tahun 2001, beberapa tahun kemudian dinbangunlah Jatim Park 2, yang hanya berjarak 10 menit berkendaraan.
Jatim Park 2 ini lebih mengarah kepada wisata edukatif, meskipun tetap ada wahana permainan didalamnya, namun tidak sebanyak yang ada di Jatim Park 1.

Di dalam Jatim Park 2 ada lokasi yang dapat dijelajahi, yaitu Musem Satwa, Batu Secret Zoo, ditambah Pohon Inn Hotel.  Sebuah hotel unik berbentuk seperti pohon sesungguhnya disediakan bagi pengunjung yang ingin menginap disekitar sana.

Setelah membeli tiket terusan, penjelajahan kami mulai dari Museum Satwa !  Bagian depan gedung yang menarik, berbentuk gaya Romawi dengan pilar-pilar yang tinggi dan ada 2 patung gajah berukuran besar berada masing-masing di samping gedung.
Dengan maksud untuk menghindari akan padatnya pengunjung, kami sengaja memilih hari Selasa di bulan April itu untuk mengunjungi Jatim Park 2.  Ternyata saat kami tiba disana, terlihat antrian yang panjang di pintu masuk.  Kebetulan pada hari itu ada rombongan besar dari beberapa sekolah yang berkunjung juga.  Setelah membeli tiket kamipun masuk dalam antrian tersebut.

Sungguh berbeda museum satwa ini dengan museum yang pernah saya kunjungi.  Di museum satwa ini memiliki bermacam-macam replica fosil, spesies hewan dari seluruh dunia.
Di tengah ruangan yang seperti aula terdapat fosil dinosaurus, seperti yang ada di film ‘Night at The Museum’.
Deskripsi dan penjelasan tentang binatang-binatang ini terpampang di setiap replika/fosil tadi.  Beberapa diletakkan didalam ruang berkaca. 
Letaknya pun tertata dengan rapih dan informatif.  Lokasi yang sesuai habitat atau jenis binatang, misalnya hewan prasejarah, laut, udara, liar, serangga, burung, reptil dan yang lainnya.  Ada beruang es dan singa afrika yang di set sesuai habitatnya.
Semua dipertunjukkan dengan penataan yang menarik.

Setelah berkeliling di museum satwa, penjelajahan berlanjut melihat hewan yang sebenarnya di Batu Secret Zoo.  Sebenarnya ini adalah kebun binatang dengan konsep modern. 
Disana kita bisa melihat aneka satwa dari berbagai penjuru dunia.  Hewan-hewan yang jarang atau belum pernah saya lihat sebelumnya ada disana.  Seperti tikus raksasa, Red Cuban Flamingo, Kangguru albino, Meerkat, Axolotl (jenis salamander), Hiu karang sirip hitam dan masih banyak lagi.

Disepanjang rute, terdapat beberapa cafeteria bagi pengunjung yang ingin makan atau minum dan untuk memudahkan pengunjung, tersedia beberapa peta rute yang cukup membantu.
Jika ingin berkeliling melihat-lihat dan tak perlu merasa capek, ada penyewaan alat transportasi yang berupa E-Bike (sepeda bertenaga baterai) dengan tariff Rp 100,000 – Rp 200,000 tergantung dari jenisnya.

Selain dapat melihat beraneka satwa, terdapat kolam renang dan juga beberapa jenis permainan untuk dinikmati di fantasy land.
Saran saya sediakanlah waktu seharian penuh ketika berkunjung ke tempat yang luas ini, karena begitu banyak yang dilihat, ditambah dengan beberapa permainan yang dapat dinikmati.
Dengan harga tiket Rp 60,000 (senin-jum’at) dan Rp 75,000 (sabtu, minggu dan hari libur) pengunjung dapat menjelajahi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo ini dari mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00

Batu Secret Zoo

Pohon Inn Hotel

Dino






No comments:

Post a Comment

Video - Exploring Sumba - Taman Nasional Matalawa #FamliyGoesToNationalPark Episode-5

Bulan Maret menjadi penjelajahan pertama #FamilyGoesToNationalPark kami di tahun 2017 sekaligus menjadi Episode yang ke 5. Pe...