Friday, July 5, 2013

Bertemu lagi di Pangandaran




Sampai di Pangandaran...langsung ke pantai :)


Setelah menentukan menentukan suatu tempat wisata yang akan dikunjungi, maka budget, jarak, waktu, transportasi, dan fasilitas menjadi hal-hal yang menjadi patut dipertimbangkan selanjutnya.

Akhirnya Pangandaran menjadi tujuan kami di bulan Juni ini yang bertepatan juga dengan liburan sekolah yang berarti liburan panjang. Setahun kurang satu bulan yang lalu kali terakhir kami ke temat ini.
Bedanya, jika tahun lalu Pangandaran menjadi rute tujuan akhir liburan keluarga kami setelah Cipanas -Garut, Kp. Naga, kali ini kami langsung menuju Pangandaran dan menghabiskan waktu selama 4 hari disana.  Tak bosan-bosan bermain di pantai; bermain body board, bermain pasir di Pantai Barat diselingi dengan mengunjungi Pasir Putih, Pantai Batu hiu dan Citumang.

Selain bermain di pantai, banyak hal lain yang dapat dilakukan di Pantai Pangandaran.
seperti naik kuda, ATV, bersepeda gandeng, naik becak, dan yang terbaru adalah Mobil Gowes.  Kreatifitas yang satu ini sedang happening di Pangandaran. Kendaraan yang dimodifikasi dari sepeda dengan roda 4, dan diberi kemudi mobil ini berkapasitas hingga 6 orang.  Dengan beraneka rupa hiasan dengan lampu-lampu yang berwarna-warni, menambah semarak mobil gowes tersebut.
Bagi yang ingin berwisata air, terdapat beberapa permainan di kawasan Pantai Timur, seperti banana boat, UFO, butterfly hingga jet ski.

Di pinggir jalan, tampak jejeran pedagang yang menawarkan dagangannya mulai dari penjual aneka jajanan, pakaian, pernak-pernik hiasan, ikan yang sudah dikeringkan hingga penjaja jasa tattoo sementara.  Jika suasana ramai, maka para beberapa pedagang inipun ikut buka hingga larut malam.
Salah satu keluarga pedagang disana masih mengenali kami, karena memang ketika tahun lalu kesana kami cukup lama menghabiskan waktu berbincang-bincang. Ajip, anak mereka pun ikut ketika kami berkeliling dengan mobil gowes.
Dan kali ini, kami menambah kenalan keluarga pedagang lainnya di pantai barat, bahkan azzam sempat menghsbiskan waktu bermain-main pasir bersama mereka.

Jika dari Jakarta, Pangandaran dapat ditempuh sekitar 10 jam dengan menggunakan kendaraan umum (bis).  Sedangkan bagi yang ingin mempersingkat perjalanan mungkin dapat menggunakan pesawat terbang. Pantai ini mudah diakses, hanya sekitar 10 menit perjalanan dengan mengunakan becak dari terminal bis.

Jarak dari Jakarta ke Pangandaran yang memakan waktu sekitar 10-jam terkadang membuat beberapa keluarga mengurungkan niatnya berlibur kesana. Paling tidak ini yang saya dengar dari beberapa keluarga. 
Jarak tempuh yang lumayan jauh, membuat mereka berfikir jika mengendarai kendaraan sendiri, terutama apabila yang harus menyetir hanya seorang (tanpa bergantian).  Nah, mungkin dengan menggunakan bis umum tadi, bisa menjadi salah satu cara mensiasatinya.  Dengan begitu, seluruh keluarga dapat beristirahat secara bersama dan menikmati liburan ketika sudah sampai dilokasi tujuan secara bersama-sama pula.  Paling tidak begitulah yang sudah kami rasakan dalam beberapa kali melakukan liburan keluarga (family travelling).


Untuk penginapan sendiri, harga-harga penginapan Pangandaran sangat bervariatif, dari kelas berbintang hingga losmen dengan jarak yang relatif berdekatan.
Tak perlu khawatir soal makanan, puluhan warung makanan bahkan mungkin ratusan berjejer disepanjang pinggir pantai ditambah dengan pedagang yang menawarkan makanna nya secara berkeliling.
Nah tentunya, jangan lewatkan pula menikmati santapan aneka Seafood yang masih segar dengan masakan yang enak di dekat area pasar ikan.

Selama beberapa hari kami berada disana, rasanya tak habis-habis pengunjung yang datang dan pergi silih berganti ke pantai ini.  Mulai dari suasana pagi hari pantai yang ramai, siang hari agak berkurang hingga sore hari pantai kembali dipenuhi para pengunjung. Malam harinya, tampak berseliweran para pengunjung yang berkeliling dengan menggunakan aneka jenis kendaraan sewa disana.

Tak dapat dibantah bermain-main di pantai sangat menyenangkan dan cukup menggoda.  Dari sekedar bermain ombak dipinggir, berenang di tepi hingga bermain body board.
Suasana seperti itulah yang membuat azzam masih bermain di pantai hingga beberapa saat sebelum kami harus meninggalkan Pangandaran.

Ahh…..rasanya tak habis-habis jika menceritakan Pangandaran.  Menurut kami tanpa mencoba membandingkan dengan pantai di daerah lain, Pangandaran dengan segala sesuatunya merupakan salah satu tempat liburan yang layak dan menyenangkan.

Sampai bertemu lagi dilain waktu, Pangandaran! 


Ready to surf
 
Woohoo...

Mom's watching you
 
Bermain bersama anak-anak lokal
 
Shark Boat
 
Pantai Batu Hiu
 
Masih Di P Batu Hiu
 
Pantai Pasir Putih
 
Sunset Di Pantai Barat

4 comments:

  1. Haaaaaaa... Anu bang Dede, anu... Ini tuh bagusnya karena efek kamera apa emang bagus yak? wkwkwkwk. Saya rasa, ini karena yang motretnya udah jago. Hehehe...

    Pasti asyik banget yah Bang, bisa selalu liburan sama keluarga. :)

    ReplyDelete
  2. @Ayu: Enngg... aslinya emang bagus kok, Yu :))
    Libur keluarga meng-asyikan, walau sekali-kali juga liburan sama teman2 :)

    ReplyDelete
  3. serunya libur bersama keluarga memang paling seru.. Foto sunsetnya so awesome!

    ReplyDelete
  4. @Demetria Mera: Iya, memang seruuu....:D Thanks!

    ReplyDelete

Rumah Pengasingan, Perjuangan Dan Cinta Bung Karno Di Bengkulu

Nama Soekarno memang dikenal harum di dunia. Sepak terjangnya sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, dan kepiawaiannya dalam me...